ARTICLE

Wed - Jun 06, 2018 / 2798 / Parenting

Yuk Ajak Anak Playdates Sambil Mengenal Firman Tuhan

Sudah waktunya keluarga saling bekerja sama membuat anak mencintai firman Tuhan. Semakin SuperParents memulainya dari dini, semakin mengakar pula pemahaman mereka dan bertahan sampai dewasa.

Tidak sedikit orang tua yang mencari ide untuk menghabiskan waktu berkualitas (quality time) bersama anak. Sayangnya, mereka hanya berpikir fun-nya saja. Misalnya saat liburan mereka memilih pergi ke mall, berwisata keluar kota bahkan luar negeri, pokoknya berjalan-jalan dan bersenang-senang. Padahal saat itu bisa kita sisipkan pemahaman akan firman Tuhan lho. Caranya?

Baca juga: CARA KEKINIAN GENERASI MILENIAL DALAM MENGASUH ANAK. APAKAH ANDA SALAH SATUNYA?

Mengenal Tuhan dan bermain sambil piknik

Ada teknik kekinian sekolah-sekolah PAUD (pendidikan anak usia dini) mencari murid baru, yaitu dengan playdates. Apa sih playdates itu? Jadi sekolah tersebut akan membuat acara di sekolahnya atau tempat-tempat umum berupa pengenalan sekolah dengan cara bermain dan hal-hal menyenangkan lainnya.

Sumber: Superbook

Nah kita bisa juga lho adaptasi cara ini untuk mengenalkan firman Tuhan kepada anak secara menyenangkan. Ajak keluarga lain untuk bekerja sama mengadakan acara ini. Selain seru, anak dan keluarga lainnya bisa dekat dan saling mengenal. Buatlah panitia kecil, lalu undangan untuk keluarga-keluarga lain yang Anda kenal. Ajak mereka berpartisipasi dan mendukung acara ini.

Siapkan beberapa permainan menyenangkan dan mintalah keluarga lain untuk membawakan peralatan yang mereka pakai dalam mengenalkan firman Tuhan. Contohnya video animasi Superbook, buku cerita Alkitab, boneka untuk penjelasan di sekolah minggu, dan permainan lainnya.

Baca juga: TIDAK MEMINTA MAAF KEPADA ANAK SAAT MELAKUKAN KESALAHAN, SIAP-SIAP KEHILANGAN HAL INI

Mintalah salah satu orang tua (mungkin bisa orang tua yang juga berperan sebagai guru sekolah Minggu di gerejanya) untuk menyampaikan firman Tuhan dengan cara kreatif. Setelah itu, orang tua lainnya berperan untuk menyediakan permainan yang sesuai dengan pembahasan firman Tuhan tersebut. Setelah itu, biarkan anak mengeksplorasi dan bermain bersama teman-temannya.

Bekerjasamalah dalam menyediakan snack dan makanan untuk para orang tua dan anak yang hadir. Misalnya satu keluarga membawa satu makanan atau jenis minuman dan snack. Tidak perlu mahal-mahal, yang penting sehat dan disukai anak juga. Setelah asik bermain dan belajar firman Tuhan, keluarga yang hadir bisa menyantap bersama sambil bercengkrama makanan yang telah disediakan. Mengasyikkan bukan? (CC)

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Contasia Christie

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK