LATEST EVENTS

Palembang Begitu Membutuhkan Guru Sekolah Minggu!


Sumber : superbook

Terkait dengan Acara Nonton Bareng Superbook Spesial Paskah yang akan segera diadakan di 33 gereja dan 71 keluarga di Palembang dan sekitarnya, membuat 60 orang Guru Sekolah Minggu (GSM) begitu bersemangat. Mereka sangat antusias hadir di pertemuan GSM pada 20 Maret 2018 di GKII Palembang untuk mendapatkan sosialisasi pelaksanaan acara ini.

Beberapa gereja di Palembang mengeluhkan bahwa mereka tidak punya GSM di gerejanya. Ada beberapa gereja yang gembala atau ibu gembalanya akhirnya menjadi GSM. Ketika mereka harus memimpin perjamuan kudus atau ada urusan keluar kota, mau tidak mau sekolah minggu jadi diliburkan. Sayang sekali bukan?

Inilah yang membuat saya terpikir untuk membuka diskusi dengan para guru disana untuk mengajarkan bagaimana merekrut dan mengaderisasikan guru-guru baru di gereja masing-masing. Kami membentuk GSM dan gembala yang hadir menjadi 5 kelompok untuk berdiskusi. Dan setelah 45 menit, setiap kelompok akan memaparkan hasilnya.

Dari hasil diskusi mereka, dapat disimpulkan untuk merekrut dan mengader guru baru kita perlu lakukan:

1. Merangkul anak-anak muda di gereja masing-masing dan mencoba talenta mereka. Dimulai dari hal yang mereka sukai dalam pelayanan sekolah minggu. Bisa seperti main musik, absen anak-anak, mendekorasi ruangan, mengawasi atau menjemput anak-anak.

Yang paling penting adalah jangan langsung membebani mereka dengan memimpin pujian, memimpin doa, atau bercerita. Buatlah mereka nyaman terlebih dahulu dan dekat dengan kita. Jika sudah benar-benar nyaman, barulah memberikan tugas-tugas tersebut.

2. Mulai merekrut orang tua muda untuk menjadi GSM.Katakan kepada mereka bahwa ini kesempatan mereka belajar mendidik anak. Apalagi saat ibu-ibu atau bapak-bapak mengantar anak-anaknya ke pelayanan anak. Pakailah kesempatan itu untuk menawarkan ke mereka melayani anak.

 

3. Mintalah gembala untuk terus menyuarakan pentingnya pelayanan anak di gereja dan mengajak jemaat untuk bisa terlibat dalam pelayanan anak. Bukan hanya menjadi GSM yang langsung terlibat melayani anak, tapi bisa saja melayani anak dalam hal doa, dana atau hal-hal yang dibutuhkan dalam menyiapkan  pelayanan anak.

Setelah diskusi selesai, semua yang hadir bersama-sama berkomitmen untuk merekrut guru-guru baru di gereja masing-masing. Semakin banyak penuai maka yang dituaipun semakin banyak.

 

Oleh Sandi Hutahaean (Fasilitator Superbook)


5.057

GEREJA

303.054

ANAK

2675

SPONSOR

Copyright © 2016. SUPERBOOK