ARTICLE

Thu - Jan 18, 2018 / 2533 /

Ayo Bantu Anak yang Dibully Mulai dari Rumah

Bullying secara verbal maupun siber masih marak terjadi di tengah-tengah masyarakat sekarang ini. Manusia memang cenderung untuk mencemooh, menghujat, melecehkan di saat mereka belum tahu apa yang terjadi sesungguhnya, dan bahkan banyak yang diantara mereka belum tentu mengenal orang yang di-bully.

Bullying kini semakin parah karena teknologi saat ini juga bergerak semakin cepat. Hampir semua anak sudah mengenal gadget sedari mereka sekolah dasar. Ini membuat anak kita rawan jika mereka tidak waspada dan mawas diri. Dengan mudahnya anak dapat saling memberikan atau mendapatkan komentar di media sosial. Bahayanya jika mereka belum siap mendapatkan komentar yang negatif pada setiap posting-an mereka.

Pertanyaannya adalah apakah kita mau anak terseret dengan arus yang terjadi di dunia yang sedang berputar sekarang? Ayo kita berbuat sesuatu! Meski kecil, meski mungkin tidak dianggap, tapi itu semua tidak mengapa, yang penting tidak diam.

Sumber: Children 1st

Semua bisa dimulai dari rumah kita dulu, dari anak-anak kita dulu seperti:

1. Sebagai orangtua, kita wajib mengajar dan membimbing anak-anak kita agar mereka memiliki karakter, moral yang baik dan mengerti apa yang benar apa yang tidak baik dilakukan sehingga ketika mereka berjalan mereka mengerti.

2. Sebagai orangtua, kita menasehati anak-anak dan mendukung mereka untuk menjadi yang terbaik tanpa mendesak mereka dengan mambandingkan anak lain. Karena setiap anak itu mempunya talenta yang berbeda-beda. Tugas kita sebagai orangtua adalah memperlengkapi mereka supaya mereka menjadi lebih tajam di bidang mereka masing-masing. Sehingga mereka siap bagaikan anak panah yang terbang melesat mencapai tujuan mereka secara maksimal.

3. Sebagai orangtua, peran utama kita membatasi pengunaan dan pengawasan beberapa barang, seperti gadget, media sosial, motor, mobil dan lainnya. Jadilah lebih bijaksana karena segala sesuatu ada waktunya, baik dalam pemberian dan waktu pengunaannya. Pemakaian barang tersebut berpengaruh dalam pertumbuhan anak.

4. Sebagai orangtua, kita juga mengajar dan memperlengkapi mereka untuk bisa percaya diri dan mandiri. Hal ini sangat penting karena tidak selamanya kita bersama dengan mereka. Stand up untuk suatu yang benar, dan perlu diperjuangkan, tentu tidak dengan menyakiti pihak lain, tapi stand up dengan prestasi dan elegan.

5. Sebagai orangtua kita menjadi penjaga pertama untuk anak-anak kita. Berikanlah mereka bacaan yang mencerdaskan, tontonan yang baik dan bermainlah bersama mereka. Jangan sampai kita terkecoh dengan sesuatu yang berbau anak-anak namun isinya justru merusak anak.

6. Sebagai orangtua, ajarkan anak-anakmu untuk tidak menghakimi orang lain karena itu bukan hak kita sebagai manusia. Tetapi ajarilah mereka untuk bisa menghargai setiap perbedaan dengan hormat dan tetap bisa berdiri teguh pada sesuatu sifatnya prinsip.

7. Sebagai orangtua, perkatakanlah anak-anak kita hal yang positif karena kata-kata sangatlah powerful. Jangan sungkan memuji mereka dengan tulus di depan orang atau menegur mereka dengan kasih di tempat yang tertutup. Jangan mempermalukan mereka di depan umum. Dengan ini mereka akan bertumbuh menjadi anak yang percaya diri tapi tidak sombong, dan mereka mengerti arti dari tanggung jawab.

Terlebih dari semua yang ada diatas, bangunlah hubungan Anda dengan anak-anak melalui kasih sayang. Karena bahasa kasihlah yang dikenal mereka jauh melebihi dari materi. Hadirlah untuk mereka setiap saat dan ingat ajarlah mereka menjadi anak-anak hebat bukan anak sempurna karena kita semua adalah manusia biasa bukan sempurna yang masih perlu belajar, belajar dan belajar.

Sumber : Keluarga.com

Baca juga:

MURIDKAN ANAK SEDARI DINI KARENA ITULAH YANG TUHAN INGINKAN DARI ORANG TUA

INILAH DOA YANG TUHAN MAU DARI KITA

CARA INI BISA DIGUNAKAN UNTUK MEMPERKENALKAN KRISTUS KEPADA ANAK

 

 

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK