ARTICLE

Thu - Nov 30, 2017 / 3841 /

Ayo Bantu Anak Mengenal Firman Tuhan dengan Cara Ini

Salah satu hal yang paling berdampak bagi anak yang dapat orang tua lakukan adalah mengajarkan anak kita Firman Tuhan. Namun seringkali, kita sendiri saja sebagai orang dewasa masih merasa kesulitan ketika harus menghafal ayat Akitab. Mungkin sulit mengingat kata-katanya, terlalu sibuk sampai tidak sempat membaca Alkitab, atau merasa tidak penting.

Tuhan telah mengingatkan kita berkali-kali lewat Alkitab, betapa krusialnya untuk mengenal kebenaran dan dilepaskannya kita dari dosa kepada kehidupan. Betapa pentingnya anak-anak mempelajari kebenaran Firman Tuhan sejak dini dan bagaimana kekuatan Firman-Nya akan membantu mereka ketika menghadapi badai atau kesulitan kehidupan nantinya.

Salah seorang ibu bercerita, saat anak laki-lakinya dewasa, ia menemukan peperangan kehidupan yang  sesungguhnya . Saat itu ia berada di garis depan dari permasalahannya. Ia berjuang dalam ketakutannya sendiri. Namun dalam kondisi itu, ibunya selalu mendoakannya.  Disanalah ia menemukan kedamaian yang sejati.

Anak-anak bagaikan spons. Menyerap kebenaran dan informasi, terutama selama tahun-tahun formatif mereka. Mereka ingin tahu banyak hal, punya banyak pertanyaan, suka menghafal, terutama ketika kita membuat belajar Alkitab menjadi menyenangkan dan merupakan bagian yang paling penting bagi keluarga.

Berikut tips yang bisa keluarga mulai agar anak Anda semakin mengenal Firman Tuhan:

1. Pengulangan itu Penting. Ucapkan ayat sesering mungkin dengan keras dan dengan cara yang berbeda. SuperParents bisa membuat permainan, misalkan menambahkan musik atau gerakan badan untuk membantu dalam mengingat. Seperti yang Superbook ajarkan melalui Super Ayat di kurikulum Superbook lho. Seru kan?

 

2. Mulailah dengan menghafal sebagian, lalu teruskan sampai selesai. SuperParents bisa melatih anak untuk menghafal satu ayat dalam seminggu. Kemudian minggu berikutnya ditambahkan. Jangan lupa untuk mengulas ayat sebelumnya ya.

 

3. Tuliskan Ayatnya. Buatlah kartu catatan tentang ayat yang sedang dihafal. Kemudian taruhlah di tempat-tempat yang mudah dilihat. Seperti lemari es, mobil, meja belajar, dan lainnya.

 

4. Bantu anak-anak untuk menemukan ayat hafalan tersebut di dalam Alkitab mereka. Biarkan anak untuk menandai ayat tersebut dengan berbagai warna agar mereka mudah mengingatnya. Atau SuperParents bisa juga membelikan Alkitab yang bisa diberikan catatan dan gambar lho, walaupun harganya cukup mahal.

 

5. Bicarakan dengan anak tentang makna ayat itu sebenarnya. SuperParents bisa memberikan contoh dalam kehidupan secara nyata. Lalu kaitkan bagaimana ayat itu dapat membantu kehidupan mereka dan kenapa ayat itu sebegitu penting.

 

6. Biarkan anak melihat SuperParents sebagai panutan yang melakukan Firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. SuperParents juga bisa mengajak anak untuk menghafalkan ayatnya dan melakukannya bersama-sama.

Sumber: crosswalk.com

Baca juga:

MENYAMBUT NATAL DENGAN SENANDUNG MERDU DARI CASTING CROWN. INILAH ULASANNYA

PENTING! GEREJA PERLU MENJANGKAU KAUM LAKI-LAKI MUDA, INI ALASANNYA

HARI-HARI TERASA SULIT, BACA 7 AYAT ALKITAB INI YUK SUPAYA BISA KUAT

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK