ARTICLE

Fri - Nov 17, 2017 / 1753 /

Hati-hati Kids Zaman Now Bisa Terkena “Heroin Digital” Lho! Ini Penjelasannya

SuperParents ingat tidak, seberapa sering anak Anda menggunakan gadget? Mungkin untuk menonton video atau bermain game? Wah kalau anak sudah seperti tidak terpisahkan dengan gadget Anda, sebaiknya Anda perlu berhati-hati lho! Bisa jadi mereka sudah kecanduan digital. Aduh, mengerikan sekali ya.

Kecanduan gadget biasanya ditandai saat Anda meminta mereka berhenti memakainya, tapi yang terjadi mereka justru marah bahkan ada juga yang mengamuk atau tantrum. Dalam bukunya, penulis yang juga ahli kondisi kecanduan, Nicholas Kardaras menyebut masalah itu sebagai 'heroin digital' atau kecanduan digital.

Baca juga: 4 HAL YANG HARUS ANDA BICARAKAN DENGAN ANAK KETIKA MEREKA KERANJINGAN GADGET DAN MEDIA SOSIAL

Masalahnya, dalam penelitian terbaru oleh sejumlah psikolog di Inggris, 'heroin digital' dinilai bisa merusak hubungan antara orang tua dan anak. Para peneliti dari University of Sussex membandingkan 24 anak-anak yang memilili kebiasaan membaca buku cerita bersama ibu mereka dan anak-anak yang membaca melalui gadget.

Peneliti menemukan perbedaan terkait interaksi antara orangtua dan anak, seperti canda tawa dan cara menunjukkan kasih sayang. Bagi anak yang sudah mengalami kecanduan digital, orang tua pasti akan sulit untuk memisahkan anak dengan layar digital. Pertengkaran justru bisa terjadi antara anak dan orang tua. Anak juga menjadi lebih cuek dengan kehidupan sosialnya, termasuk dengan orang tuanya di rumah. 'Heroin digital' benar-benar bisa menyita waktu berharga antara anak dan orang tua.

Orang tua tak bisa tinggal diam. Bahkan Steve Jobs sekalipun mengaku membatasi penggunaan teknologi oleh anak-anaknya di rumah. Kepada The New York Times, Steve Jobs mengatakan, anak-anaknya sendiri tak pernah diminta mencoba penemuan terbarunya saat itu, yaitu iPad.

Baca juga: 8 KETERAMPILAN DIGITAL YANG HARUS DIPELAJARI ANAK

Menurut Nicholas, orangtua harus disiplin dan konsisten dalam membatasi waktu menatap layar gadget. Bagi anak di bawah 18 bulan, sebaiknya tidak dibiarkan menggunakam gadget. Hal itu pun sesuai anjuran American Academy of Pediatrics.

Jangan biasakan mendiamkan anak yang rewel dengan memberikan gadget. Ketergantungan pada layar gadget bisa menghambat perkembangan kognitif dan emosional pada anak di bawah 18 bulan.Akan tetapi, orang tua juga perlu menjadi contoh bagi anak. Ayah dan ibu sebaiknya juga membatasi penggunaan gadget, apalagi saat sedang bersama anak.

Sumber : Kompas.com

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK