LATEST ARTICLE

Bantu Anak Sukses di Era Digital dengan Kecerdasan Digital Melalui Tahap Ini


Sumber : Photo by Hal Gatewood on Unsplash

Memasuki awal tahun milenial, teknologi informasi dan media digital hanyalah sebuah kemampuan tambahan dalam kemampuan berkarir. Namun saat ini justru kompetensi inilah yang dibutuhkan agar dapat sukses di hampir semua pekerjaan.

Kemampuan digital menjadi bagian penting dari kerangka pendidikan secara menyeluruh. Tanpa program pendidikan digital nasional akses terhadap teknologi tidak akan terdistribusi secara merata, memperburuk ketidaksetaraan masyarakat, menghambat mobilitas secara sosial dan ekonomi. Tantangan para pengajar dan orang tua saat ini adalah berpikir kedepan bahwa teknologi informasi sebagai alat atau sarana edukasi. Mereka harus berpikir bagaimana membangun kemampuan anak-anak dan secara percaya diri mengungguli teknologi dan media digital baik secara online maupun offline.

Seperti IQ dan EQ sebagai alat pengukur kemampuan seseorang secara umum, kemampuan individu dalam memakai teknologi dan media digital juga merupakan kompetensi yang dapat diukur. Kita bisa menyebutnya dengan DQ (intelegensi digital). Kabar baiknya, DQ adalah kecerdasan yang sangat adaptif.

Baca juga : SERING UPLOAD FOTO ANAK KE SOCIAL MEDIA ? INI AKIBATNYA!

Jika Anda sebagai orang tua atau pengajar ingin anak-anak Anda memiliki kemampuan DQ yang baik, maka Anda perlu memperhatikan 3 tingkatan kecerdasan digital ini:

Tingkat 1: Kewarganegaraan Digital

Kewarganegaraan digital adalah kemampuan menggunakan teknologi dan media digital secara aman, bertanggung jawab, dan secara efektif. Tahapan ini seringkali diabaikan oleh pendidik atau orang tua. Jika anak sudah mulai memiliki kebutuhan untuk menggunakan teknologi dan media digital, sebaiknya Anda harus menanamkan bagaimana cara menggunakannya dengan baik dan bertanggung jawab. Anda dapat memulainya ketika anak sudah mulai mengenal permainan (games), media sosial, dan aktifitas digital lainnya di komputer atau perangkat digital seperti smartphone.

Tingkat 2: Kreatifitas Digital

Kreatifitas digital adalah mampu menjadi bagian dari ekosistem digital dengan menciptakan kembali konten baru dan merealisasikan ide dengan peralatan digital. Ketika anak sudah mulai mahir menggunakan perangkat digitalnya dan melewati proses yang pertama, arahkan mereka untuk berkreasi dan dukung agar kreatifitas mereka terus dikembangkan walaupun ada komentar negatif atau kebencian.

Tingkat 3: Kewirausahaan Digital

Kewirausahaan digital adalah mampu menggunakan media dan teknologi digital untuk memecahkan tantangan global atau menciptakan kesempatan baru. Kreatifitas yang terus menerus diasah akan membantu anak untuk peka pada permasalahan sekitarnya. Dan saat mereka menemukan sebuah masalah, anak akan belajar untuk mencoba memecahkannya. Disinilah peranan orang tua maupun pengajar sangat penting, mereka memerlukan dukungan dan bimbingan agar idenya dapat terealisasi dan membantu banyak orang. (CC)

Source : www.weforum.org

Baca juga : HATI-HATI INI 7 CARA YANG PALING SERING DIGUNAKAN DALAM PENCULIKAN ANAK

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.


4.076

GEREJA

237.099

ANAK

2590

SPONSOR

Copyright © 2016. SUPERBOOK