LATEST ARTICLE

5 BAHAYA INSTAGRAM Bagi Karakter Anak


  • 325
Sumber : Superbook

Kehadiran sosial media Instagram mungkin tak pernah terpikirkan saat Anda masih berusia belia. Tetapi untuk generasi di masa ini, kehadiran Instagram begitu mempengaruhi gaya hidup setiap orang, termasuk anak-anak. Jadi, penting sekali bagi Anda membantu mereka belajar bagaimana menempatkan diri untuk mencegah dampak buruk yang bisa merusak karakternya. Berikut lima hal yang bisa merusak karakter anak melalui Instagram:

#1 Saat anak tak mendapat banyak ‘like’

Bagi remaja, Instagram tidak memiliki platform khusus untuk bisa terhubung secara langsung dengan teman-temannya karena sosial media yang satu ini hanya menjadi wadah untuk menampilkan diri dan beragam aktivitas kehidupan mereka. Akan menjadi masalah ketika mereka melihat bahwa mereka tidak mendapat banyak ‘like’ di setiap postingan sebanyak teman lainnya. Dia mulai berpikir ada sesuatu yang salah dengan dirinya. Bahkan mungkin ada saat-saat ketika teman-temannya sengaja tidak memberikan ‘like’ sebagai bentuk cyber-bullying.

#2 “Mengapa saya tidak seperti dia?”

Membuka akun Instagram bolak-balik sepanjang hari mengindikasikan sesuatu sedang terjadi. Tak ada kemungkinan lebih besar selain membandingkan dirinya dengan anak-anak lainnya. Tanpa disadari, dia mulai merasa rendah diri karena tidak terlihat secantik atau se-ideal orang lain. Sebelum mengetahuinya, anak Anda mungkin sudah melakukan apa saja untuk bisa terlihat seperti gadis-gadis lainnya.

baca juga : 12 Tips Bantu Anak Hafal Ayat Alkitab dengan Mudah

#3 Filter, Filter dan Filter

Aplikasi pengedit foto seperti photoshopping dan aksesoris seperti airbrushing biasanya bisa membuat foto biasa menjadi lebih ciamik. Instagram menawarkan lebih dari 20 filter yang bisa digunakan untuk mengedit foto menjadi lebih baik. Masalahnya adalah dia bisa saja akan sangat bergantung pada filter dan menutupi apa yang dia miliki dibalik aplikasi-aplikasi tipuan itu.

#4 Kecewa dengan kehidupan palsu

Hidup tak akan pernah sempurna seperti di tayangan-tayangan film Disney. Nah, saat menyadari kenyataan ini, banyak anak-anak akan kecewa. Anak Anda akan berpikir bahwa hidup seperti tidak adil jika kesempurnaan tersebut hanya sebatas gambar-gambar pilihan yang semuanya justru adalah kepalsuan.

#5 Kehilangan jati diri

Cara pandang anak akan diri sendiri sedang dalam bahaya ketika dia menghabiskan waktu hanya untuk memproyeksikan bagian dari dirinya. Hal ini bisa saja membuat anak berubah pandangan akan dirinya sendiri karena takut bila postingan-postingan Instagramnya tidak sesuai dengan bagaimana orang lain memandangnya.

Apakah anak Anda adalah salah satu pengguna Instagram? Cari tahu tentang aktivitasnya melalui VISR, sebuah aplikasi yang mudah digunakan untuk membantu melihat tren penggunaan sosial media anak-anak Anda yang mungkin menjadi penyebab perubahan karakternya. VISR bekerja sebagai pengingat bagi orang tua untuk bisa melindungi anak dari dampak buruk sosial media.

baca juga : Mengapa Orang Kristen Makan Babi Sedang Orang Yahudi dan Islam Tidak? 

sumber : Famimlyshare.com/jawaban.com

3.033

GEREJA

188.644

ANAK

2465

SPONSOR

Copyright © 2016. SUPERBOOK