LATEST ARTICLE

12 Tips Bantu Anak Hafal Ayat Alkitab dengan Mudah


Sumber : Superbook

Apakah Anda pernah berpikir kenapa anak Anda terasa sulit untuk membuat anak tertarik menghafal ayat Alkitab? Nggak perlu susah-susah karena Anda bisa menggunakan kartu memori Alkitab yang dicetak dan digunakan sebagai catatan atau note, lalu tempelkan di dinding kamar, cermin kamar mandi atau lemari es. Setelah ini, Anda bisa memantau kemajuan anak-anak Anda dengan membuat tanda atau warna untuk setiap ayat yang sudah bisa dihafalkan di kartu.

Ada 12 tips yang bisa Anda terapkan saat menggunakan kartu cetak ini, yaitu:

1.Ambil satu ayat dan baca ayat tersebut secara berulang-ulang bersama anak. Saat anak sudah mengusai ayat tersebut, beralihlah ke ayat lainnya, dorong anak untuk bisa menghafalkan ayat secara mandiri.

2. Pasanglah sebuah papan tulis di sebuah ruang di rumah Anda dan tuliskan ayat hafalan Alkitab mingguan di sana. Cara ini berguna sebagai pengingat untuk Anda dan anak Anda. Papan tulis ini akan selalu etrlihat oleh pandangan Anda sehingga Anda bisa menanyakan anak tentang ayat yang tertulis di sana.

3. Pakai spidol non-permanen untuk menulis ayat Alkitab di cermin kamar anak Anda. Saat dia sudah bisa menghafalkan ayat yang tertulis di sana, ulangi menulis ayat-ayat lainnya.

4. Tulis sebuah daftar kartu dan simpan di dalam mobil Anda. Mulailah membacakan ayat tersebut saat sedang dalam perjalanan ke sekolah atau pulang sekolah, lalu minta anak mengulanginya.

5. Ajak anak untuk bermain scramble atau menyusun kata dari sebuah ayat yang Anda acak di atas selembar kerta dan minta anak untuk menyusunnya, menempatkan kata-kata sesuai dengan urutan yang benar.

6. Gunakan kata-kata dari sebuah ayat yang Anda pilih menjadi sebuah lagu sederhana. Nyanyikanlah lagu itu setiap hari atau saat menjelang tidur.

7. Berikan hadiah kecil kepada anak ketika mereka akhirnya bisa menghafalkan ayat Alkitab dengan kemampuan mereka sendiri.

8. Ajak anak untuk saling melempar kata atau kalimat dengan menggunakan kata dalam sebuah ayat Alkitab, lalu minta dia melengkapi kata atau kalimat berikutnya. Lakukan ini untuk menarik rasa penasaran anak.

9. Gunakan bahasa isyarat atau gerakan untuk mengucapkan sebuah ayat. Mintalah anak Anda untuk mengucapkan dengan suara yang terang dan kuat.

10. Jika anak Anda sudah remaja, dorong mereka untuk menulis ayat-ayat untuk dihafalkan dalam sebuah jurnal. Lalu minta mereka untuk mewarnai ayat-ayat itu dengan pensil warna-warni.

11. Gunakan aplikasi smartphone yang menyediakan alat bantu untuk mendorong anak bisa menghafal ayat ALkitab setiap hari secara rutin.

12. Tips mendorong anak menghafal ayat Alkitab adalah dengan membahas ayat tersebut dengan anak. Bicarakan tentang bagaimana dia bisa menerapkan ayat hafalan itu dalam kehidupannya sehari-hari, dan minta dia untuk merenungkan kembali hal yang dia sudah dapatkan setelah menerapkannya.

Tuhan sudah memberkati banyak orang dengan karunia kreativitas, dengan itu sangat mungkin bagi Anda untuk dikarunia ide-ide yang luar biasa tentang bagaimana cara menghafal ayat Alkitab dengan cara yang kreativif. Saat Anda sudah menemukan cara yang unik selain cara di atas, bagikanlah kepada orangtua lainnya yang memerlukan bantuan.

Sumber : Faithgateway.com/jawaban.com/ls


4.076

GEREJA

237.099

ANAK

2590

SPONSOR

Copyright © 2016. SUPERBOOK