ARTICLE

Sat - Apr 22, 2017 / 1028 /

Alasannya Kenapa Kekhawatiran Orang Tua akan Uang Berdampak pada Anak!

Jadi orang tua itu memang mahal. Karena setelah punya anak, orang tua harus memenuhi kebutuhan anak, mulai dari asupan makanan, pakaian sampai rumah yang nyaman bagi anak untuk bertumbuh dengan baik.

Saat orang tua untuk pertama kali memiliki anak, mereka juga harus mampu memenuhi semua keperluan bayinya, mulai dari popok, susu formula, pakaian dan kebutuhan anak lainnya. Dan untuk memenuhi semua itu, uang sangat berperan besar. Tanpa uang, setiap pasangan menikah pasti akan merasa dirinya gagal sebagai orang tua atau mungkin merasa belum siap untuk merawat seorang anak.

Saat orang tua merasa belum mampu secara materi, mereka akan mulai cemas dan bahkan berpengaruh pada cara mengasuh dan memperlakukan anak. Orang tua bisa ngampang marah, kesal dan mengeluh soal besarnya biaya yang harus dihabiskan untuk anak.

Perasaan cemas adalah kondisi emosi yang berbahaya dan beracun karena sangat mengancam hubungan, terutama hubungan orang tua dengan anak. Kecemasan atau kekhawatiran itu juga bersifat menular. Karena semakin cemas orang tua akan kebutuhan uang, semakin cemas pula anak.

Filipi 4: 6-7 menyampaikan, ? ?Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.”

Cara terbaik untuk mengatasi kecemasan adalah dengan menerima damai sejahtera Allah. Saat kita berjalan dalam dalam sejahtera Allah berarti kita percaya kalau Dia sanggup dan mampu menyediakan semua kebutuhan kita dan anak-anak kita. Sehingga kita bisa menjadi pemandu yang baik bagi anak-anak kita. Sebaliknya, hindarilah sebisa mungkin semua rasa kecemasan yang timbul. Jangan biarkan atau beri ruang bagi perasaan ini merusak sikap dan tindakanmu terhadap anak.

Setiap orang tua tahu persis bagaimana rasanya khawatir soal keuangan. Kekhawatiran itu muncul saat kita melihat angka di rekening yang sudah semakin menipis dan banyaknya pengeluaran tak terduga yang membuat keuangan semakin terkuras. Selain itu, kecemasan juga bisa muncul ketika orang tua mulai membebani diri dengan tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan anak.

Tapi perlu diketahui bahwa Tuhan meyakinkan kita berulang kali supaya kita tetap setia kepada-Nya. Tuhan mengasihi anak-anak kita lebih dari kita mengasihi mereka. Kalau kita memang benar-benar mengasihi anak-anak kita para orang tua hanya perlu berusaha untuk memenuhi kebutuhan mereka, Tuhan jauh lebih mengasihi mereka dan tak akan pernah meninggalkan mereka.

Sumber : Christiantoday.com/jawaban.com (Lori Mora)


Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK