FAQ

Apa itu SUPERBOOK?

Superbook berawal dari film animasi Alkitab yang diproduksi oleh CBN pada tahun 1981. Saat itu Superbook telah menghibur dan mengedukasi anak-anak di seluruh dunia dengan 52 episode yang di sulih suara dalam 43 bahasa, kemudian disiarkan ke 106 negara. Superbook telah ditonton dan memberkati lebih dari 500 juta anak di seluruh dunia.

Kemudian pada tahun 2012, Superbook mulai memproduksi kurikulum yang dapat digunakan untuk sekolah minggu di Virginia, Amerika Serikat. Animasi Superbook sendiri mulai masuk dan ditayangkan di Indonesia tahun 2013.

Dalam perkembangannya, CEO CBN Southeast Asia Mark McClendon melihat generasi anak diambang bahaya karena terjangan teknologi dan arus media internet, terpanggil untuk menjawab kebutuhan generasi anak sekarang. Maka pada April – September 2015, CBN Indonesia mulai meracik film animasi Superbook menjadi kurikulum sekolah minggu yang lengkap, relevan, dan kontekstual dengan budaya dan bahasa Indonesia.

Januari 2016, CBN Indonesia memulai proyek ini dengan 100 gereja yang berkomitmen untuk bersama memuridkan generasi anak. Superbook bergandengan tangan dengan para sponsor, ketua sinode, dan para gembala gereja yang mempunyai panggilan sama dalam memuridkan anak.

Per Mei 2018, Superbook sudah melayani lebih dari 5000 gereja dari 255 denominasi di 49 kota di Indonesia. Kegerakan pemuridan anak ini sudah menjalar sedemikian anak, karena mimpi kita semua, yaitu ingin melihat generasi anak yang mengasihi Tuhan, mencintai Firman Tuhan, dan menjadi misioner.

Setiap modul Sekolah Minggu Superbook didasarkan pada satu episode Superbook. Setiap video animasi menampilkan karakter anak modern Chris and Joy, bersama dengan robot, Gizmo, mereka menghadapi beberapa dilema yang dapat dikaitkan dengan setiap anak. Misalnya, mereka dihadapkan pada pengganggu, mereka tergoda untuk melakukan curang dalam ujian, atau mereka tidak mematuhi orang tua mereka. Saat itulah Superbook membawa mereka kembali pada masa Alkitab untuk bertemu dengan seorang tokoh Alkitab yang menghadapi jenis masalah serupa. Dengan melihat bagaimana tokoh tersebut dengan setia menghadapi kesulitan, anak-anak diperlengkapi dan dikuatkan oleh Firman Tuhan untuk juga bisa mengatasi tantangan mereka sendiri.
Kami menggunakan Alkitab LAI Terjemahan Baru, namun dalam materi video kami juga menggunakan versi Alkitab Kabar Baik atau Alkitab Bahasa Indonesia Sehari-hari (BIS), dan terjemahan Inggris Modern. Karena setiap terjemahan memiliki ciri khas tersendiri, maka kami memberikan kata-kata yang lebih mudah untuk dipahami anak-anak sehingga membuat karakter lebih dekat.
Chris dan Joy adalah bentuk penokohan kreatif yang menggambarkan generasi anak, Chris berusia 11 tahun dan Joy berusia 12 tahun. Gizmo adalah karakter imaginatif sebuah robot yang menambah unsur kreatifitas, keceriaan dan keseruan petualangan Superbook.
Chris Quantum adalah pemain skateboard, video gamer dan pemain gitar dari band garasi bersama teman - temannya di Sekolah Valleyview. Chris mempelajari rahasia Superbook melalui portal misterius ke masa lalu. Chris punya kesempatan untuk berpetualang dengan Superbook, atletik, dan punya rasa penasaran.
Joy Pepper adalah tetangga dan teman sekelas dari Chris Quantum dari Sekolah Valleyview. Dia lebih suka berpetualang dari pada Chris. Dia suka sepakbola, sangat energik, dan bagus di semua cabang olahraga. Joy memiliki intuisi yang kuat tentang orang lain dan bagus dalam membuat dan menyelesaikan sebuah rencana.
Gizmo adalah robot cerdas yang diciptakan oleh ayahnya Chris, Profesor Quantum Dia suka memperbaharui dirinya agar lebih berguna dari pada hanya sekedar di laboratorium - berpetualang dengan Superbook. Dengan fiture yang keren, Gizmo dapat mengubah penampilannya sesuai kebutuhan.
Gizmo memiliki keterampilan dapat terbang dan membawa penumpang. Gizmo menggunakan informasi dan Geo Scan untuk menemukan lokasi dan waktu ketika berpetualang atau bepergian.
Superbook dirancang untuk melayani generasi virtual, kehadiran tokoh Gizmo memberi kesan modern dan canggih, serta menambahkan unsur humor karena gaya, ulah dan celoteh ringannya. Robot Gizmo juga berperan sebagai sumber data dalam perjalanan; lokasi, waktu, zaman, dan berbagai data yang melengkapi anak-anak dengan info yang penting. Tanpa Gizmo sangat sulit untuk mengetahui informasi tersebut.
Karakter Gizmo juga memberi gambaran bahwa gadget dan teknologi bisa digunakan untuk tujuan yang baik, yaitu sebagai "teman belajar" nilai-nilai kebenaran. Gizmo membantu anak-anak lebih mudah mengenal, memahami dan menghafal apapun yg ada di kurikulum Superbook.
Pada saat karakter-karakter itu berinteraksi dengan tokoh-tokoh Alkitab, kami sangat berhati-hati agar mereka tidak mengubah atau mempengaruhi peristiwa atau saat-saat penting. Tujuan dari interaksi ini adalah sebagai bentuk kreatifitas dalam penyampaian kebenaran Alkitab yang dapat diaplikasikan di generasi anak saat ini.
Kami merasa terhormat dan sangat senang atas permintaan untuk berpartisipasi dalam proses produksi. Namun sayang sekali, kami tidak dapat menerima materi yang tidak diminta untuk pengembangan skrip, ide atau konsep-konsep yang berbasis video.


Seputar Kurikulum Superbook


Kurikulum ini ditujukan untuk rentang usia 6–12 tahun, meskipun beberapa pelajaran bisa juga untuk usia yang lebih muda, namun dengan pendampingan dari para guru. Karena beberapa unsur tematik, pada setiap modul akan disediakan penilaian yang harus diperhatikan oleh para guru.
70 modul sedang dalam produksi. Rencananya kami akan mendistribusikan paket modul sebanyak tiga kali dalam satu tahun. Visi kami adalah menyediakan kurikulum untuk 5 tahun.
Setiap Modul Superbook terdiri dari tiga pelajaran yang diambil dari 1 kisah Alkitab.
Pelajaran 1. Isi pembahasan berdasarkan Video Kisah Alkitab,
Pelajaran 2. Isi pembahasan berdasarkan Video Sejarah Alkitab,
Pelajaran 3. Isi pembahasan berdasarkan Video Petunjuk Jalan
Video Kisah Alkitab adalah video pelajaran minggu pertama di setiap modul berisi kisah tokoh Alkitab secara utuh
Video Sejarah Alkitab adalah video pelajaran kedua di setiap modul berisi sisi latar belakang Alkitab, berupa penelitian geografi, sejarah, artefak, dan sejarah dari setiap kisah Alkitab terbukti benar-benar pernah terjadi dan ada sampai hari ini.
A: Video Pelajaran minggu ketiga di setiap modul berisi Petunjuk Jalan setiap kisah Alkitab menunjuk (terhubungan) pada Tuhan Yesus.
Video Puisi Maha Karya berisi lagu menuntun keselamatan menunjuk pada Tuhan Yesus.
Modul Aktivasi ini merupakan serangkain modul untuk mengaktivasi dan memperlengkapi gereja, terdiri dari modul keluarga, modul doa, modul penjangkauan, dan modul pemuridan.
Super Kebenaran adalah dasar tujuan dari setiap pelajaran Sekolah Minggu Superbook. Super Ayat adalah ayat hafalan yang berhubungan dengan Super Kebenaran di setiap pelajaran.
Aktivitas untuk anak-anak di rumah atau di luar jam pertemuan Sekolah Minggu Superbook yang dilakukan bersama orang tua atau anggota keluarga yang berhubungan dengan setiap pelajaran Kurikulum Superbook.
Aktivitas anak bersama orang tua atau anggota keluarga yang lebih dewasa yang bisa dilakukan dirumah sepanjang minggu yang masih berhubungan dengan setiap materi pelajaran Sekolah Minggu Superbook; berisi tantangan murid, Super Ayat, Super Kebenaran, doa.
Setiap pelajaran berdurasi 60 menit, dan bisa dipanjangkan sampai dengan 90 menit jika masih ada waktu.
Sekolah Minggu Superbook menyajikan keseimbangan antara media canggih dan pelayanan langsung. Video seru ditampilkan selama Kelompok Besar untuk menarik perhatian anak-anak, diikuti oleh banyak waktu untuk interaksi pribadi di Kelompok Kecil, di mana para guru dapat mengembangkan hubungan dengan anak-anak.
Semua video yang ditampilkan selama Kelompok Besar berlangsung sekitar 30 menit. Video terpanjang - video Kisah Alkitab yang ditunjukkan pada Pelajaran 1 - sekitar 20 menit. Semua video lainnya jauh lebih pendek, mulai dari 2 sampai 10 menit. Ini termasuk Video Sejarah Alkitab yang ditampilkan dalam Pelajaran 2, dan Video Petunjuk Jalan dan Video Puisi Maha Karya yang ditampilkan dalam Pelajaran 3. Ditambah lagi, video Superbook Versi Singkat (sekitar 10 menit) dapat ditampilkan dalam Pelajaran 2 dan 3 jika ada anak-anak melewatkan Kisah Alkitab dalam Pelajaran 1.
Tidak ada video yang diputar selama Kelompok Kecil, yang berlangsung sekitar 30 menit dan dapat diperpanjang hingga 60 menit dengan Aktivitas Tambahan.
Untuk kegiatan dalam Kelompok Kecil, anak-anak dapat dibagi berdasarkan usia 6-9 tahun dan 10-12 tahun. Jika jumlah kelompok gabungan kecil, semua anak dapat tetap bersama untuk waktu Kelompok Kecil. Setiap Panduan Pemimpin Kelompok Kecil mencakup materi selama sekitar 30 menit waktu kelas, yang meliputi:
  1. Permainan menyenangkan yang melibatkan anak
  2. Pendalaman Alkitab dengan pertanyaan diskusi dan jawaban
  3. Tantangan Murid untuk mendorong anak mempraktikkannya
  4. Kegiatan kelompok untuk mempelajari SuperAyat
  5. Waktu doa bersama
Jika Anda memiliki waktu tambahan selama Kelompok Kecil atau ingin mengubah bagian pelajaran utama mana pun, Anda dapat memilih dari pilihan alternatif dalam Aktivitas Tambahan. Ini termasuk permainan ekstra, ilustrasi, kerajinan tangan, dan pelajaran Alkitab hingga 30 menit tambahan waktu kelas.
Semua video di DVD Modul Sekolah Minggu juga tersedia secara online. Gunakan DVD player atau komputer dengan DVD-reader untuk memutar DVD Modul. Jika Anda menggunakan Sekolah Minggu Superbook versi online, Anda memerlukan koneksi internet atau WiFi. Perhatikan bahwa DVD hanya berisi video, dan tidak memiliki panduan guru, kerajinan cetak, dan sumber daya tambahan lainnya.
  1. Pelajaran 1: Anak-anak diperkenalkan dengan Super Kebenaran, yang merupakan tema pelajaran. Mereka melihat video Dilema Chris dan Joy di mana Chris, Joy dan Gizmo-karakter modern di Superbook-menghadapi dilema yang bisa dikaitkan dengan setiap anak. Setelah diskusi singkat, video Kisah Alkitab dan Penyelesaian ditampilkan, diikuti dengan pengenalan SuperAyat, doa, dan persiapan ke masuk aktivitas-aktivitas seru di Kelompok Kecil.
  2. Pelajaran 2: Anak-anak melihat video Superbook Versi Singkat, ditambah video Sejarah Alkitab yang mengeksplorasi konteks arkeologi, sejarah dan budaya ceritanya. Anak-anak juga diperkenalkan ke Super Kebenaran dan Super Ayat sebelum berdoa dan masuk dalam Kelompok Kecil.
  3. Pelajaran 3: Anak-anak melihat video Superbook Versi Singkat, video Puisi Maha Karya, dan video Petunjuk Jalan yang membuat anak-anak memahami bahwa seluruh isi Alkitab menunjuk pada kisah penyelamatan umat manusia melalui Tuhan Yesus, atau bagaimana Dia memenuhi nubuatan Alkitab. Anak-anak juga diperkenalkan ke Super Kebenaran dan SuperAyat sebelum berdoa dan masuk dalam Kelompok Kecil.
Saat Anda bergabung dengan Sekolah Minggu Superbook, Anda akan diberi akses untuk mendownload semua bahan aktivitas modul langsung dari situs www.superbookindonesia.com.
Menurut perhitungan, setiap musim berisi 45 minggu. Terdiri dari 40 minggu untuk 14 modul pelajaran dan 5 minggu modul aktivasi. Tujuh minggu tersisa dapat gereja gunakan untuk acara lainnya.
Modul dibagikan menurut dalam satu tahun 3 kali, periodisasi bulan, yaitu:
  1. Batch Januari
  2. Batch Mei
  3. Batch Sept
Untuk penggunaan Kurikulum Superbook disarankan untuk mengikuti kalender Superbook, namun untuk bulan Desember dimana kalender gereja Natal dapat menggunakan modul 108 Kado Terindah, dan untuk bulan April dapat menggunakan modul 111 Kasih Terbesar, sesuai dengan kebijakan gereja yang dikomunikasikan kepada fasilitator daerah.
Halaman yang dapat digunakan para guru untuk menyusun laporan kegiatan pelaksanaan Sekolah Minggu Superbook. Jurnal juga dapat dibuat secara online melalui website www.superbookindonesia.com.


Sponsor Superbook


Anda bisa mengisi formulir Sponsor Superbook melalui tim Superbook, atau mengisi secara online pada website kami www.superbookindonesia.com.
Jika Anda memilih untuk melakukan donasinya melalui cara transfer, maka Anda dapat langsung melakukan transfer donasinya segera setelah mendaftar (dalam waktu 7 hari setelah pendaftaran). Setelah melakukan donasi, Anda dapat menginformasikan bukti transfernya ke nomor telp 081.585.585.700 atau dapat juga info melalui email ke [email protected]
Atau jika Anda memilih untuk melakukan donasi melalui Kartu Kredit, maka Bagian Keuangan CBN akan secara otomatis melakukan debet pada nomor kartu yang sudah tercantum pada formulir sponsor setiap tanggal 15 setiap bulannya.
A: Bisa. Setelah Bapak/Ibu telah melakukan trasfer donasinya dapat mengkonfirmasikan melalui WA/SMS ke nomor tlp 081.585.585.700 atau e-mail ke [email protected]
Kurikulum Sekolah Minggu Superbook ini adalah kurikulum 5 tahun. Bapak/Ibu diharapkan untuk komitmen memberi dana sponsor minimum 1 tahun.
Bapak/Ibu bisa menjadi sponsor dengan 1x memberi, kami menyebutnya sebagai supporter. Supporter ini ada 2 jenis, yaitu Supporter Bulanan (yaitu supporter yang memberi secara rutin setiap bulannya dengan nominal tertentu yang tidak tergolong sponsor tunggal atau co-sponsor) dan yang kedua, Supporter OTG (one time gift / sekali memberi) yang 1x memberi saja dengan nominal tertentu. Tidak ada batasan untuk jumlah nominalnya.
Tidak bisa, tim CBN Superbook tidak diperkenankan untuk menerima uang tunai dari Sponsor untuk keperluan donasi. Harus melalui transfer bank ke rekening yang sudah ditentukan yaitu: Rekening BCA a/c 522-0309-012 an. Yay Cahaya Bagi Negeri Indonesia.
Atau, kalau ada yang tunai, maka harus dibuatkan kwitansi.
Bisa. Untuk itu harap mengisi formulir pendaftaran sebagai sponsor diwakilkan atas nama satu orang sebagai perwakilan dari kelompok tersebut dan data lainnya dapat diisi lengkap.
Atau saat melakukan transfer donasi, harap untuk konfirmasi ke WA/email Superbook sehingga memudahkan identifikasi oleh Bagian Keuangan CBN.
Anda dapat membeli DVD film animasi Superbook melalui Shopee (Superbook Indonesia Official).


Church Network Superbook


- Gereja dapat melakukan pra-registrasi melalui website www.superbookindonesia.com, atau menghubungi fasilitator setempat.
- Gembala / Pemimpin gereja yang berwenang menghadiri acara orientasi yang diadakan oleh Superbook di kota-kota (jadwal orientasi dapat dilihat di website www.superbookindonesia.com)
- Gembala / pemimpin gereja yang berwenang menandatangani langsung komitmen kerjasama.
Ada 3 pilihan bulan untuk memulai, yaitu: Januari, Mei, September.
Ya, gereja dapat memilih angkatan bergabung, pada saat mengisi form data gereja di cara orientasi.
Ya, gereja dapat mengajukan untuk pindah angkatan; caranya dengan menginformasikan fasilitator setempat.
Ya, gereja memiliki keleluasaan untuk mengkombinasikan materi Sekolah Minggu Superbook dengan kurikulum gereja, selama materi Superbook digunakan secara utuh dan konsisten. Hal ini perlu dilakukan agar pengajaran secara bertahap yang sudah dirancang oleh Superbook dapat berdampak maksimal terhadap perkembangan rohani anak. Pelaksanaan kurikulum Superbook oleh gereja ditunjukkan dengan laporan jurnal dan foto kegiatan.
- Gereja memutuskan untuk mengakhiri kerjasama; caranya dengan menghubungi fasilitator setempat dan mengisi form penyelesaian kerjasama
- Gereja tidak menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk terselenggaranya Sekolah Minggu Superbook dalam 1 (satu) bulan sejak dimulainya angkatan yang dipilih, dan tidak bersedia untuk mundur ke angkatan berikutnya.
- Gereja tidak menyediakan laporan selama 3 (tiga) bulan berturut-turut dalam bentuk jurnal dan foto kegiatan Sekolah Minggu.
- Gereja melanggar ketentuan hak cipta dengan memperbanyak materi dan mendistribusikannya kepada pihak di luar Sekolah Minggu gereja tersebut (termasuk memperjual-belikannya).
Gereja mitra adalah gereja yang bersedia menggerakkan jemaatnya untuk menjadi sponsor bagi gereja-gereja kecil / gereja-gereja desa yang perlu disponsori agar dapat menggunakan kurikulum Sekolah Minggu Superbook.
Gereja disponsori adalah gereja yang secara rutin menerima 1 (satu) paket kurikulum Sekolah Minggu Superbook setiap bulannya, namun belum bersedia / belum mampu untuk menggerakkan jemaatnya agar menjadi sponsor bagi Sekolah Minggu gereja-gereja lain.

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK